Back to Kompasiana
Artikel

Urban

Sisi-sisi Menarik Orang Arab

REP | 05 May 2013 | 20:07 Dibaca: 685   Komentar: 8   2

13679413051231795645

Anak Orang Arab Lagi cari babenya. Dok pribadi

Gaul sama orang Arab kadang bikin bete kadang bikin nyengir, tapi kalo di persentase perasaan banyakan betenya hahahahaha, bisa jadi  karena persoalan posisi ya, coba kalo sayanya yang jadi atasan, mungkin saja orang Arab yang jadi bawahan saya akan berkata persis seperti yang saya tuliskan di atas.

Selama bekerja dengan  orang Arab saya sering memperhatikan kebiasaan mereka, inilah hasil pengamatan itu. oya, mungkin ada yang bertanya, apakah saya menggunakan bahasa Arab ketika ngobrol  sama orang Arab?, jawabannya adalah, enggak, Kebanyakan orang Arab Dubai apalagi yang punya posisi lebih suka menggunakan bahasa Inggris. So, bagi anda yang mau kerja di Dubai, enggak usah takut walaupun kagak bisa bahasa Arab juga.

Pertama, Orang Arab itu gampang bersumpah, saya kurang tahu mengapa mereka sering kali menggunakan hurup qosam( Hurup yang di gunakan untuk bersumpah), Dalam kitab Jurumiyyah di sebutkan ada 3 hurup sumpah, pertama, hurup waw( Demi), kedua, hurup  Ta( Demi) dan terakhir hurup Ba( Demi).

Kalo di kita yang sering  ngomong demi Tuhan itu kan mantan  muridnya Eyang Subur, padahal jika saya perhatiin orang Arab dan mantan muridnya eyang subur bersaing ketat dalam  mengucap sumpah dengan menggunakan  nama Tuhan. Kata sumpah yang sering di ucap orang Arab adalah Wallahi. ( Demi Tuhan).

Kedua, Orang Arab suka ngobrol di HP sambil berjalan dengan tangannya di gerak-gerakin, kalo nada bicaranya  marah maka tangannya seperti menunjuk-nunjuk, seakan-akan orang yang dia ajak bicara via HP itu ada di depannya.

Ketiga, Orang Arab kalo ngomong rada kenceng Volumenya, kebayang kalo orang yang enggak biasa denger omogan keras kemudian mendengar orang Arab lagi debat hihihi atawa lagi ribut, di jamin deh, bakalan tegang.

Keempat, Orang Arab ternyata suka iseng juga, kadang isengnya agak keterlaluan, misalnya, ada temennya yang mau ngambil korma tapi sama temennya yang lain, tempat korma itu di ambil terlebih dahulu kemudian di taroh di tempat yang sulit terjangkau.

Kelima, Orang Arab doyan banget ngucap Insya Allah, tapi inget ..!,   jangan seneng dulu kalo ada orang Arab yang berjanji kemudian mengucap Insya Allah. Kalo boleh saya persentasekan, kemungkinan janji itu di tepati hanya 50 persen saja. Ohya, kalo mereka ngomong besok, itu bukan berarti besok. tapi bisa jadi minggu depan, bulan depan bahkan tahun depan hahahaha.

Keenam, Ada dua sisi orang Arab yang sama sekali bertolak belakang, pertama. sisi dermawan,kalo ada orang Arab dermawan  maka dermawannya luar bisa dermawan, bagi dia memberi itu sudah kayak membalikan telapak tangan, Alhamdulillah, saya sudah pernah bertemu dengan orang Arab model beginian dan saya sempat kecipratan fulus juga dari beliau.  Kebalikannya, kalo orang Arab udah pelit, ya Ampun, pelitnya enggak ketulungan.

Itulah sebagian dari sisi-sisi manusiawi orang Arab,

Salam dari gurun….

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Dispenda Harusnya Gunakan Google Street View …

Agung Soni | | 28 August 2014 | 08:20

Ganda Putri INA Tampil Memukau di Li Ning …

Sahroha Lumbanraja | | 28 August 2014 | 06:01

Mahalnya Biaya Rapat Lembaga Negara! …

Yaslis Ilyas | | 28 August 2014 | 07:52

“Hobby” Sehat ala Saya… …

Enny Soepardjono | | 28 August 2014 | 07:31

Blog Competition Smartfren: Andromax yang …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 20:22


TRENDING ARTICLES

Rieke Diah Pitaloka Tetap Tolak Kenaikan …

Solehuddin Dori | 4 jam lalu

Ahok Nggak Boleh Gitu, Gerindra Juga Jangan …

Revaputra Sugito | 4 jam lalu

Mahalnya Biaya Rapat Lembaga Negara! …

Yaslis Ilyas | 4 jam lalu

Sebab SBY dan Jokowi Tak Bicarakan BBM di …

Pebriano Bagindo | 7 jam lalu

Jangan Hanya Jokowi Saja yang Diawasi, …

Rullysyah | 9 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: