Back to Kompasiana
Artikel

Urban

Maria G Soemitro

"Jika kita bukan bagian dari solusi, maka kita adalah bagian dari masalah" -Eldridge Cleve-

Kulit Wajah Cantik dan Sehat Berkat Biokos Derma Bright

REP | 13 December 2012 | 03:05 Dibaca: 5303   Komentar: 0   3

“Kulit wajah seorang perempuan bagai harta yang sangat tinggi nilainya. Karena itu harus  rajin merawat dan gunakan produk yang tepat agar sehat, cantik dan cerah”. Demikian kurang lebih kata-kata almarhumah  ibunda yang tidak pernah lelah mengingatkan anak-anak perempuannya agar merawat wajah. Beliau memiliki wajah halus terawat karena konsisten membersihkan wajah dan menggunakan krim siang serta krim malam hingga usianya menjelang 80 tahunan. Produk awal yang digunakannya adalah Sari Ayu sebelum akhirnya berganti Biokos dan sayapun mengikuti jejaknya menggunakan Biokos.

Wejangan tersebut tidak berlebihan. Wajah ibarat  jendela hati yang mencerminkan pemiliknya, terlebih kulit wajah sendiri merupakan bagian tubuh yang paling sensitif dan rentan terhadap kerusakan sehingga memerlukan perawatan teratur. Karena itu banyak yang memilih cara instant dengan rela merogoh kocek dalam-dalam untuk “mereparasi” wajahnya.

Beruntung saya mempunyai kulit wajah yang tidak rewel sehingga nasehat almarhumah dapat dilaksanakan dengan mudah. Biokospun mudah didapat di setiap supermarket. Permasalahan baru datang ketika mulai aktif berkegiatan di lingkungan hidup. Berbagai penyuluhan seperti pengomposan, urban farming dan berbagai pelatihan lainnya memaksa saya harus keluar Kota Bandung yang hanya bisa ditempuh dengan KRL dan diteruskan sepeda motor.

Keluar dari zona nyaman ketika saya masih berkegiatan seputar rumah, sekolah anak-anak dan tempat pengajian. Kulit wajah terkena polutan, terpapar sinar matahari dan debu jalanan mengakibatkan wajah kusam dan mulai timbul bercak-bercak di sekitar pipi bagian atas. Bahkan terkadang muncul jerawat, padahal jerawat tidak pernah singgah di wajah ketika saya masih gadis, sehingga pernah sesumbar: “Duh, gimana rasanya jerawatan ya?”

Rupanya sekarang saya terkena tulah ucapan sendiri. Masalah bertambah karena ritme aktivitas hanya memiliki sedikit waktu luang untuk berkonsultasi masalah wajah di Puriayu Martha Tilaar, tempat langganan saya membeli produk perawatan wajah. Ketika itu tanpa berpikir panjang, saya memakai PAC untuk “menambal” kulit wajah. Saya melupakan bahwa yang dibutuhkan wajah adalah perawatan hari demi hari. Kulit wajah yang tidak sehat tidak dapat ditambal oleh kosmetik apapun karena alih-alih terlihat cantik malahan seperti badut. Badut yang tidak lucu.

Untunglah pada pembelian PAC kedua di Puriayu Martha Tilaar, beauty advisornya menyarankan penggunaan rangkaian Biokos Derma Bright Intensive Brightening Series. Dia menerangkan bahwa rangkaian produk ini merupakan produk perawatan untuk menjaga kesehatan kulit secara optimal, juga ampuh melindungi wajah yang terpapar sinar matahari dan polutan. Total Whitening Conceptnya merupakan perpaduan untuk membantu proses penghambatan melanin sehingga kulit cerah kembali.

Kebetulan kakak ipar saya (peneliti di LIPI) pernah bekerja sama dengan Martha Tilaar Laboratoires, dia memastikan bahwa produk Martha Tilaar tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti pemutih kulit yang dalam pemakaian jangka panjang bisa membahayakan kesehatan.  “Biokos hanya mengandung ekstrak tumbuh-tumbuhan alami, tidak ada efek samping. Proses pemeliharaan dan peremajaan kulitnya memang perlahan, tapi sudah seharusnya demikian”, jelasnya.

Dengan keyakinan penuh sayapun membeli, terlebih setelah saya mengetahui  bahwa Biokos Derma Bright Intensive Brightening Series memiliki banyak keunggulan. Langkah-langkah  pemakaiannya sebagai berikut:

  • Derma Bright Intensive Brightening Cleanser, dibubuhkan merata pada kulit wajah setelah bepergian, manfaatnya untuk mengangkat sisa tata rias, kotoran dan debu secara lebih optimal.
  • Derma Bright Intensive Brightening Toner, digunakan setelah pemakaian clenser dan berfungsi efektif mengangkat sisa pembersihan (cleanser) sekaligus mengecilkan pori-pori

Setelah menghapus tata rias, kotoran dan debu dengan clenser dan toner, maka selanjutnya adalah pemakaian:

  • Intensive Brightening Serum. Dibubuhkan secukupnya  kemudian diratakan pada seluruh wajah dengan ditepuk perlahan. Pemakaian serum ini dilakukan pagi dan malam hari. Manfaatnya sangat banyak: efektif mengurangi spot/hiperpigmentasi, menghambat pembentukan melanin, meningkatkan kecerahan kulit dan membuatnya bercahaya, juga memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.
  • Intensive Brightening Day Cream dengan SPF 25, pelembap wajah yang digunakan setelah Intensive Brightening Serum. Day cream ini mempunyai formulasi khusus untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV sekaligus membantu mengurangi hiperpigmentasi
  • Intensive Brightening Night Cream. Penggunaannya sama dengan day cream yaitu dibubuhkan setelah Intensive Brightening Serum. Merupakan krim malam dengan formulasi khusus yang efektif meningkatkan kecerahan kulit, memperlambat tanda-tanda penuaan dini, serta nutrisi untuk meregenerasi sel kulit sepanjang malam

Rangkaian produk Biokos Derma Bright Intensive Brightening Series memang ditujukan untuk kita , perempuan yang hidup di iklim tropis dan rentan terkena radiasi matahari. Sehingga diperlukan produk perawatan terpadu dalam proses penghambatan melanin sekaligus mencerahkan kulit.

Semula agak bingung menggunakan Intensive Brightening Serum, karena di pagi hari sesudah membersihkan wajah biasanya saya langsung memakai pelembab.  Sekarang  harus menggunakan serum tapi justru excited mengingat  kulit wajah memerlukannya untuk mengurangi hiperpigmentasi sekaligus mencerahkan. Biasanya saya menunggu  sebentar agar serum bisa bekerja maksimal barulah memakai Intensive Brightening Day Cream. Setelah menunggu sebentar lagi barulah saya oleskan kosmetik yang lain. Lama kelamaan menjadi terbiasa.

Demikian pula di malam hari, sesudah wajah dibersihkan barulah dibubuhkan Intensive Brightening Serum, kemudian Intensive Brightening Night Cream. Perasaan  “ada yang hilang” apabila tahap demi tahap tidak dilakukan sempurna, mungkin karena sudah menjadi rutinitas.

Rasanya? Seperti mendapat sensasi menyegarkan pada wajah, tidak lengket dan ketika bangun dipagi hari kulit wajah terasa fresh walau kurang tidur di waktu malamnya. Sewaktu disentuh kulit terasa lembut dan lembap. Sehat dan tidak pernah lagi timbul jerawat.

Saya sering memandangi wajah dipagi hari dan melihat bercak hitam hilang perlahan-lahan. Ya secara perlahan, berlangsung alami. Karena formula yang dikandung Biokos Derma Bright Intensive Brightening Series dari ekstrak alami yaitu:

  • Ekstrak Humulus Lupulus (Hops) yang efektif membantu mengurangi hiperpigmentasi, freckles, age spots, melasme, dan mencegah muncul lagi di permukaan kulit.
  • Alpha Arbutin yang efektif menghambat pembentukan melanin.
  • Bio Brightening Complex dengan Saccharomyces/Xylinum Black Tea yang membantu meningkatkan kecerahan kulit dan membuat kulit bercahaya.

Selain manfaat tersebut, Biokos Derma Bright Intensive Brightening Series juga memberikan manfaat yang tak kalah penting bagi perawatan wajah yaitu:

  • Anti Aging : Menstimulasi produksi kolagen sehingga menghambat tanda-tanda penuaan dan meningkatkan kehalusan kulit.
  • Anti Inflammatory : Dengan kandungan antiinflamasi yang kuat, efektif untuk mencegah iritasi pada kulit.
  • UV Protection : Perpaduan UV A dan UV B filter yang sempurna berfungsi melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV A dan UV B yang dapat menimbulkan kulit terbakar, mencegah kulit menjadi gelap, dan penuaan dini.
  • Mengandung anti-irritant agent sehingga cocok untuk kulit sensitive.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang saling bersinergi, bisa dimengerti jika kulit wajah saya menjadi sehat dan cerah kembali seperti sebelum beraktivitas di lapangan. Sehingga bagai terbang dilangit ketujuh ketika kompasianer yang cantik, Leil Fataya memuji: “Wajah mbak Maria kenceng, ngga seperti berumur 50 tahun”. Wuaduhhh gubrakkkkkk………… ^_^

Dibeberapa kesempatan, rekan- rekan dari  NGO dan instansi pemerintah sering menanyakan produk kosmetik yang saya pakai. Mereka kaget sewaktu saya katakan saya memakai Biokos Derma Bright karena mereka menyangka saya menggunakan produk luar negeri.

Aduh, mengapa harus menggunakan produk luar negeri yang belum tentu cocok bagi wajah kita? Harganyapun pasti aduhai mahalnya. Ibu Martha Tilaar sebagai anak bangsa Indonesia sudah berkarya untuk mempersembahkan produk perawatan wajah dan tubuh yang cocok bagi perempuan Indonesia, eksternal maupun internal. Saya sudah merasakan manfaatnya sejak usia remaja hingga kini berusia paruh baya.

Walaupun saya merawat wajah dengan teratur tapi tanpa produk kosmetik yang tepat,  alami dan sesuai dengan iklim tropis  maka semua akan berakhir sia-sia. Terimakasih Ibu Martha Tilaar, terimakasih Martha Tilaar Grup, terimakasih karena telah menghadirkan  Biokos Derma Bright Intensive Brightening Series bagi kecantikan perempuan Indonesia. Kecantikan alami dan sehat.

**Maria Hardayanto**

1355331086771511504

narsis di daerah komunitas bantaran sungai Cidurian (dok. Maria Hardayanto)

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kurikulum 2013: Buku, Seminggu Dibagikan …

Khoeri Abdul Muid | | 20 August 2014 | 17:25

Hati-hati, Cara Mengutip Seperti Ini Pun …

Nararya | | 20 August 2014 | 20:09

Anak Sering Kencing (Bukan Anyang-anyangan) …

Ariyani Na | | 20 August 2014 | 18:03

Obat Benjut Ajaib Bernama Beras Kencur …

Gaganawati | | 20 August 2014 | 14:45

Kompasiana Nangkring bareng Sun Life: …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 12:58


TRENDING ARTICLES

Inilah Nama-nama Anggota Paskibraka 2014 …

Veronika Nainggolan | 14 jam lalu

Nikita Willy Memukul KO Julia Perez …

Arief Firhanusa | 18 jam lalu

Kalau Tidak Bisa Legowo, Setidaknya Jangan …

Giri Lumakto | 19 jam lalu

Di Balik Beningnya Kolang-kaling …

Hastira | 19 jam lalu

Menebak Putusan Akhir MK di Judgment Day …

Jusman Dalle | 20 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: