Back to Kompasiana
Artikel

Urban

Dy_andra

manusia yang merasa dirinya bodoh karena selalu ingin belajar dan mengerti tentang semua kehidupan

Tanda Tanya?????

OPINI | 25 April 2011 | 16:16 Dibaca: 1059   Komentar: 0   0

hanya karna sebuah simbol yang sudah barang kali semua orang kenal simbol dari judul yang saya buat, simbol berasal dari kata symballo yang berasal dari bahasa Yunani. Symballo artinya ”melempar bersama-sama”, melempar atau meletakkan bersama-sama dalam satu ide atau konsep objek yang kelihatan, sehingga objek tersebut mewakili gagasan. (dikutip dari wikipedia). simbol dibutuhkan untuk mewakili dan menghayati dari nilai-nilai yang akan disampaikan.

pengembangan dari disiplin ilmu yang berhasil saya googling dari wikipedia masih berkaitan tentang simbol  yaitu Semantik (Bahasa Yunani: semantikos, memberikan tanda, penting, dari kata sema, tanda) adalah cabang linguistik yang mempelajari makna yang terkandung pada suatu bahasa, kode, atau jenis representasi lain. Semantik biasanya dikontraskan dengan dua aspek lain dari ekspresi makna: sintaksis, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, serta pragmatika, penggunaan praktis simbol oleh agen atau komunitas pada suatu kondisi atau konteks tertentu. (dikutip dari wikipedia).

nah sekarang apa sih makna tanda tanya itu ini dia hasil kembali hasil googling saya  saking saya ingin penasaran tentang ?. Tanda tanya adalah salah satu tanda baca yang digunakan untuk menandakan akhir kalimat pada kalimat pertanyaan. jadi, setidaknya saya sudah tau makna dari tanda tanya..

sekarang kita telusuri lebih dalam mengenai simbol ? yang seringkali kita gunakan sehari-hari sebagai contoh yaitu SMS, email, atau mungkin saat sedang asyik2nya chat dengan teman maupun relasi. nah dalam bahasan ini saya ingin gaya bahasa kita dalam berSMS yang terkadang kita sendiri tidak sadar akan kebiasaan yang sering kita lakukan. ternyata sadar ataupun tidak sadar, ada makna dibalik sebuah simbol ? ketika dilakukan berulang seperti “??” atau mungkin dikombinasikan dengan “?!”. waduh gawat juga yah klo ternyata kita gak punya maksud apa-apa terhadap isi sms, namun dilain pihak orang yang menerima SMS kita marah-marah hanya karena soal simbol “??” hmmm….jadi penasaran yah akan tanda-tanda dan bisa menimbulkan persepsi yang berbeda. berikut saya singgung sedikit mengenai makna simbol2 yang terkait,tujuannya mungkin kita bisa lebih berhato-hati lagi dalam mengetik SMS. yah hanya sekedar share dengan pengalaman yang baru saja saya alami, hanya karena simbol-simbol tersebut saya malah di marahi X padahal niat saya tidak seperti itu. yah banyak sih yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang saat membaca sms dari kita.

nah saya mulai dengan simbol “?!!” (tanda tanya dan tanda seru), berdasarkan hasil pencarian saya di dunia maya bahwa simbol “?!!” memiliki arti bahwasanya pengirim ingin mendapatkan jawaban secepatnya, tidak sabar (gemas), menegaskan isi pesan, menunjukkan rasa penasaran juga meninggikan intonasi nada. huaaahhh….. ribet juga yah padahal maksud kita agar sms kita bisa lebih hiduuup dan tidak hanya tulisan saja. disebutkan juga bahwa, memang awalnya simbol ini hanya sekedar kreativitas dari sang pengirim SMS, namun ketika diartikan malah jadi seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

nah sekarang saya akan membahas simbol “???”, pada prinsipinya adalah simbol ini memiliki makna yang sama yaitu penasaran, bertanya, rasa ingin tahu yang besar. sedangkan simbol “???” yang diulang menunjukkan maksud yang berbeda, nah loh!!! berdasarkan pada informasi yang saya dapat mengenai simbol “???” memiliki maksud yaitu mengekspesikan emosi, ada rasa keraguan dan perasaan tidak percaya. nah tidak hanya itu juga, maksud dengan simbol “???” juga bisa diartikan rasa ingin tahu yang tinggi dan penasaran. yah tidak ada salahnya juga kita menggunakan simbol “???” karena memang maksud kita ingin tahu yang besar dan penasaran akan sesuatu dari teman.

yah setidaknya saya bisa berbagi dengan beberapa teman saya di blog ini, bisa share mengenai pengalaman saya hanya karena SMS saya yang menggunakan simbol “??” berujung pada komunikasi yang tidak baik. maksud saya yang sebenarnya saya ingin tahu mengenai sesuatu, namun teman saya yang diseberang langsung marah hanya karena simbol “??” yang saya gunakan. banyak faktor yang mempengaruhi orang bisa bersikap marah lewat sms, jadi untuk teman-teman berhati-hati yah saat menulis ataupun mengetik SMS jangan sampai orang yang menerima SMS kita salah persepsi dengan maksud yang kita tulis. bahasa verbal memang tidak bisa mewakili bahasa nonverbal yang lebih bisa diterima dengan jelas.

lewat blog ini saya juga minta maaf kepada teman saya X , pada prisipnya saya bukan bersikap tidak sopan atas SMS saya namun saya hanya ingin tahu akan kondisi dan tanggungjawab saya sebagai mahluk sosial

Perdamaian tidak dapat dijaga dengan kekuatan. hal itu hanya dapat diraih dengan pengertian -EINSTEIN-

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Ratusan Ribu Hingga Jutaan Anak Belum Dapat …

Didik Budijanto | | 31 July 2014 | 09:36

Akh Jokowi? Kita Lihat Dulu Deh Kabinetnya …

Ian Wong | | 31 July 2014 | 08:18

Menghakimi Media …

Fandi Sido | | 31 July 2014 | 11:41

Punya Pengalaman Kredit Mobil? Bagikan di …

Kompasiana | | 12 June 2014 | 14:56

Teman Saya Pernah Dideportasi di Bandara …

Enny Soepardjono | | 31 July 2014 | 09:25


TRENDING ARTICLES

Satpol PP DKI Menggusur Lapak PKL Saat …

Maria Margaretha | 1 jam lalu

Tipe Karyawan yang Perlu Diwaspadai di …

Henri Gontar | 9 jam lalu

Evaluasi LP Nusa Kambangan dan …

Sutomo Paguci | 9 jam lalu

Revolusi Mental Pegawai Sipil Pemerintah …

Herry B Sancoko | 13 jam lalu

Misteri Matinya Ketua DPRD Karawang …

Heddy Yusuf | 14 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: