Back to Kompasiana
Artikel

Urban

Claudy Yusuf

Mahasiswa jurusan mmanajemen, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa "Saya mendapat ilmu ketika membaca maka saya balas selengkapnya

Busana Nasional Negara-negara Asia Tenggara di Ajang Miss Universe

HL | 17 June 2010 | 11:37 Dibaca: 6231   Komentar: 1   1

Dalam ajang miss Universe tidak hanya menilai kecantikan wanita tapi ada juga penilaian yang melombakan busana nasional. Dalam sesi busana nasional ini semua wakil dari negaranya masing-masing mencoba mengenakan busana nasional terbaik mereka. Busana nasional yang digunakan biasanya busana yang mencerminkan negaranya atau busana tradisional dari negaranya. Tapi banyak dari kontestan yang menggunakan busana seperti busana karnaval.

Negara-negara Asia tenggara yang kaya akan khasanah budaya juga tidak mau kalah dengan negara-negara lain yang menampilkan keunikan negaranya melalui sesi busana nasional ini. Negara-negara Asia Tenggara yang mengikuti ajang miss universe 2009 yaitu:

Berikut adalah busana nasional negara-negara Asia tenggara.

Indonesia

Busana Nasional Indonesia

Busana Nasional Indonesia

Di ajang miss universe 2009, Zivanna Letisha Siregar yang merupakan puteri Indonesia 2008 akan mengenakan pakaian srikandi. Zivanna menjelma sebagai Srikandi dengan baju srikandi berwarna merah dengan bawahan batik serta selendang biru yang terikat dipinggangnya. Agar terlihat heroik srikandi ini membawa panah dengan busurnya yang berwarna emas. Busana wayang orang yang heroik ini diharapkan dapat menarik para dewan juri tapi sayang kali ini gagal lagi meraih busana nasional terbaik.

Malaysia

Busana Nasional Malaysia

Busana Nasional Malaysia

Pada ajang Miss Universe 2009, Malaysia diwakili oleh Joannabelle Ng yang menggunakan busana kebaya pada sesi national costume. Busana kebaya yang digunakan didominasi oleh warna ungu dan warna emas yang berkilau. Busana kebaya juga sudah pernah dikenakan oleh miss Indonesia pada ajang miss universe 2005 dan 2006.

Filipina

Busana Nasional Filiphina

Busana Nasional Filiphina

Pada ajang Miss Universe 2009, Philippines diwakili oleh Bianca Manalo yang mengenakan busana nasional yang penuh warna dan elegan. Seperti terlihat pada gambar Busana berwarna putih yang dihiasi dengan bunga-bunga yang berkilau dan pada bagian bawahnya terlihat mekar dengan warna-warna yang cerah. Busana Nasional ini juga dilengkapi dengan payung.

Singapura

Busana Nasional Singapura

Busana Nasional Singapura

Pada ajang miss Universe 2009, Singapura diwakili oleh Rachel Kum yang menggunakan busana nasional bertema bunga anggrek. Kostum ini berwarna putih dan ungu yang terlihat amat menyatu dan elegan. Pada bagian pundak belakang ada kain yang membentuk 3 kelopak bunga yang berwarna putih dan ungu.

Thailand

Busana Nasional Thailand

Busana Nasional Thailand

Pada ajang miss Universe 2009, Thailand diwakili oleh Chutima Durongdej yang mengenakan busana nasional yang sangat amazing dan penuh nilai serta model rambut yang unik. Dalam busana nasional ini terdapat berdering kuning yang berada dileher sampai dada yang diadaptasi dari long neck karen, ada juga sarung buatan tangan yang bemakna indah dan sangat mahal dan warna emas melambangkan tanaman tropis yang lebat, beras dan lainnya.

Vietnam

Busana Nasional Vietnam

Busana Nasional Vietnam

Pada ajang Miss Universe 2009, Vietnam diwakili oleh Hoan Yen Vo yang mengenakan busana nasional ao dai. Ao dai itu sendiri berarti pakaian nasional vietnam yang digunakan oleh wanita. Pakaian ao dai yang dikenakan Yen Vu seperti jaring dengan rengganan yg cukup lebar dan berwarna hitam dengan gambar naga yang berwarna putih dan emas. Busana ini dilengkapi oleh selendang warna hitam dan topi yang berwarna hitam.

Itulah busana nasional negara-negara Asia tenggara pada Miss Unverse 2009. Baiknya pada miss universe tahun ini tidak terjadi perdebatan antara miss Indonesia dan miss malaysia seperti pada miss universe 2007 karena miss malaysia menuduh miss Indonesia mencuri idenya yang menggunakan busana dayak, padahal busana dayak yang digunakan Indonesia itu adalah busana dayak kenyah yang ada di Indonesia dan busanaya pun berbeda dengan busana miss malaysia. Menurut desas-desus yang beredar karena hal itu pula pada miss universe 2007 tidak ada pemenang best national costume padahal katanya juri sudah memutuskan pemenangnya itu adalah busana dayak kenyah Indonesia tapi dibatalkan karena tuduhan miss malaysia itu.

Pada ajang Miss Universe 2009 ini negara di Asia tenggara yang berhasil memperoleh penghargaan hanya busana nasional dari Thailand yang berhasil menjadi ke-3 busana nasional terbaik. Sedangkan busana nasional terbaik yang pertama yaitu Miss Panama “Diana Patricia” dan busana nasional terbaik ke-2 diperoleh Miss Nicaragua yang diwakilkan oleh Indiana Shancez.

Best National Costume 2009

Best National Costume - Panama

Best National Costume - Panama

2nd Best National Costume

2nd Best National Costume - Nikaragua

2nd Best National Costume - Nikaragua

Lihat juga,

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Satpol PP DKI Menggusur Lapak PKL Saat …

Maria Margaretha | | 31 July 2014 | 17:04

Menghakimi Media …

Fandi Sido | | 31 July 2014 | 11:41

Ke Candi; Ngapain Aja? …

Ikrom Zain | | 31 July 2014 | 16:00

Punya Pengalaman Kredit Mobil? Bagikan di …

Kompasiana | | 12 June 2014 | 14:56

Teman Saya Pernah Dideportasi di Bandara …

Enny Soepardjono | | 31 July 2014 | 09:25


TRENDING ARTICLES

Jangan Tulis Dulu Soal Wikileaks dan …

Bang Pilot | 9 jam lalu

Tipe Karyawan yang Perlu Diwaspadai di …

Henri Gontar | 13 jam lalu

Evaluasi LP Nusa Kambangan dan …

Sutomo Paguci | 14 jam lalu

Revolusi Mental Pegawai Sipil Pemerintah …

Herry B Sancoko | 17 jam lalu

Misteri Matinya Ketua DPRD Karawang …

Heddy Yusuf | 18 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: