Back to Kompasiana
Artikel

Hobi

Gunawan

Seorang anak desa yang ingin memberikan sedikit perubahan untuk negeri ini… Follow @GUNAWANug Akun FB https://www.facebook.com/gunawankompasianer PIN selengkapnya

Kembangkan Hobi Untuk Persiapan Masa Pensiun

OPINI | 29 July 2013 | 07:08 Dibaca: 448   Komentar: 22   10

Macam-Macam Hobi (Sumber img-frendiberbagi.blogspot.com)

Macam-Macam Hobi yang Mengasilkan Uang (Sumber img-frendiberbagi.blogspot.com)

Setiap orang punya hobi. Hobi adalah sesuatu yang kita kerjakan dan mendatangkan kesenangan dan keasyikan tersendiri. Kadang kita tak sadar telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan hobi kita itu. Orang yang bekerja sesuai dengan hobinya maka dia tak sadar telah bekerja. Artinya dia tak pernah lelah dan merasa itu bukan suatu pekerjaan tetapi suatu kesenangan saja.

Kadang hobi bisa mendatangkan uang yang bisa menambah penghasilan diluar pekerjaan kita. Bahkan ada yang menjadikan hobinya sebagai penghasilan atau pekerjaan utamanya. Orang-orang yang bekerja sesuai dengan hobinya adalah orang yang beruntung. Apalagi jika hobi itu sudah menjadi usahanya sendiri yang mendatangkan penghasilan. Maka orang seperti itu tak pernah merasa bekerja dan tak pernah merasa pensiun. Sungguh nikmat hidup dengan hobi yang mendatangkan penghasilan sampai hari tua nanti.

Banyak hobi yang bisa dikembangkan dan menghasilkan uang sebagai persiapan masa pensiun. Kadang hobi yang kelihatan remeh-temeh bisa juga menghasilkan uang. Berikut ini beberapa hobi yang bisa dikembangkan untuk persiapan masa pensiun anda. Pilih dan kembangkan hobi anda sendiri yang sekiranya memang itu adalah hobi anda.

Hobi Membaca

Orang yang punya hobi membaca dan banyak mengkoleksi buku, bisa dikembangkan dengan membuka taman bacaan dengan menyewakan buku-buku koleksinya kepada orang lain. Maka penghasilan tambahan akan didapat dari penyewaan buku-buku koleksinya itu. Bahkan kalau mempunyai modal yang agak besar bisa membuka toko buku.

Hobi Menulis

Orang yang punya hobi menulis bisa mengembangkan hobinya dengan menulis buku dan menerbitkannya. Ini sangat menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan sebagai persiapan masa pensiun. Sekarang ini menulis dan menerbitkan buku tidak sulit. Kita bisa menerbitkan buku kita melalui penerbitan indi. Bahkan orang yang punya hobi menulis bisa menerbitkan bukunya sendiri.

Hobi Menggambar/Melukis

Menggambar dan melukis adalah hobi yang juga bisa mendatangkan uang. Orang yang punya hobi menggambar bisa dikembangkan untuk menjadi desainer atau perancang. Bisa juga membuat komik yang bisa dijual. Bahkan menggambar karikatur untuk koran dan majalah jika diterbitkan maka akan mendapat honorarium yang lumayan.

Hobi Menyanyi/Main Musik

Orang yang hobi menyanyi bisa mengembangkan karirnya menjadi penyanyi. Banyak artis-artis baru yang terlahir dengan hobi ini. Apalagi kesempatan menjadi artis terbuka lebar bagi siapa saja dengan adanya program pencarian bakat di televisi. Kalau bisa menciptakan lagu sendiri malah lebih bagus. Bisa diupload di youtube. Mana tahu ada produser yang tertarik dan lagunya menarik maka akan cepat terkenal.

Bagi yang hobinya main musik bisa merintis grup band sendiri bersama teman-teman anda dengan hobi yang sama. Banyak grup band terkenal terlahir dari sini.

Hobi Memancing

Ada teman saya yang hobinya memancing. Waktunya banyak dihabiskan untuk memancing. Akhirnya dia membuka usaha kolam pancing sendiri dan sangat ramai dikunjungi orang-orang yang punya hobi yang sama dengannya. Akhirnya usahanya berkembang dengan pesat dan menghasilkan tentunya.

Hobi Mengutak Atik Elektronik

Nah ini hobi saya dari kecil, alhamdulillah bisa menambah penghasilan dan pekerjaan saya juga di bidang ini. Hobi ini saya kembangkan terus sehingga bisa merancang alat elektronik sendiri sesuai dengan kebutuhan industri yang kadang tak dijual dipasaran. Jika beruntung dapat pesanan dari perusahaan besar bisa mendapat tambahan penghasilan yang lumayan besar.

Hobi Membuat Program Aplikasi/Game

Hobi yang satu ini sangat menjanjikan. Banyak anak-anak muda kreatif bisa kaya karena game yang dibuatnya banyak diminati dan di download ribuan orang. Si Mark Zukenberg pencipta facebook juga tak menyangka program aplikasinya yang hanya tadinya hanya tugas kuliah bisa diminati banyak orang dan dia jadi milyarder diusia yang relatif mudah. Apalagi sekarang para programmer dapat dengan mudah mengupload aplikasi atau game yang dibuatnya ke app store (untuk perangkat ipad,iphone dan ipod) atau ke playstore (untuk perangkat android). Kemudian tinggal tunggu jika diminati banyak orang penghasilan akan mengalir ke rekening programmer.

Masih banyak lagi hobi yang bisa menghasilkan uang jika dikembangkan secara profesional. Ada juga kisah orang yang berpenghasilan jutaan rupiah hanya dengan memelihara burung,ikan hias, ayam pelung dan lain sebagainya.

Ada juga teman yang sukses membuka usaha travel karena hobi jalan-jalannya. Yang punya hobi makan juga bisa sukses punya usaha kuliner.  Jadi jangan takut mengembangkan hobi anda dan pilihlah yang memang benar-benar anda sukai, jadikan hobi itu untuk menambah penghasilan untuk masa pensiun anda. Malah di luar negeri ada seorang yang punya hobi tidur beruntung mendapatkan job menjadi penguji produk spring bed. Walau kerjaannya cuma tidur malah mendapat bayaran hehehe.

Semoga kita bisa menikmati pensiun dengan sehat wal afiat dan bahagia.

Salam Kompasiana.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Perjalanan Malam Hari di Jalur Pantura …

Topik Irawan | | 24 July 2014 | 15:41

Berlibur Sejenak di Malaka …

G T | | 24 July 2014 | 15:51

Indonesia Bikin Kagum Negara Tetangga …

Apriliana Limbong | | 24 July 2014 | 20:51

Taman Bunga Padang Pasir …

Ferdinandus Giovann... | | 24 July 2014 | 19:07

Permohonan Maaf kepada Ahmad Dhani …

Kompasiana | | 24 July 2014 | 20:27


Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: