Back to Kompasiana
Artikel

Hobi

Dzulfikar

Suka kopi darat, kopdarnya ya sama kamu, iya kamuuu about.me/dzulfikar

Ragam Lomba Murah Meriah Kemerdekaan RI di Bulan Ramadhan

OPINI | 10 August 2012 | 12:11 Dibaca: 12509   Komentar: 0   1

Dalam rangka menyemarakkan kegiatan kemerdekaan biasanya di beberapa sekolah atau perkampungan menggelar kegiatan lomba. Lomba-lomba yang diselenggarakan tentunya bervariasi. Mulai dari lomba makan kerupuk, panjat pinang, balap karung, memasukkan paku kedalam botol, tarik tambang, lari egrang, lari bakiak, dan lain sebagainya.

Lomba-lomba tersebut tentunya ada beberapa yang sangat menguras tenaga. Misalnya lomba panjat pinang, lomba balap karung atau lomba lainnya yang bersifat membutuhkan stamina yang cukup prima. Disisi lain kemerdekaan tahun ini sama dengan kemerdekaan tahun lalu yaitu bertepatan dengan bulan Ramadhan, dimana umat Muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Tentunya akan sangat melelahkan jika dalam kondisi berpuasa harus ikut lomba-lomba yang menguras stamina.

Tentu saja beberapa lomba tidak bisa dilaksanakan pada siang hari, kecuali jika dilaksanakan pada malam hari. Namun ada beberapa lomba unik lainnya yang sebetulnya tidak membutuhkan banyak biaya dan tetap dapat dilaksanakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan dengan biaya yang relatif murah meriah. Apalagi tanggal 17 Agustus 2012 hanya selang beberapa hari dengan tanggal 19 Agustus 2012 (1 Syawal 1433 H) dimana setiap keluarga pastinya membutuhkan dana lebih untuk berbelanja lebaran. Agar lomba tetap dapat diselenggarakan maka panitia harus putar otak untuk mencari lomba-lomba unik dan kreatif namun minim biaya.

Berikut adalah beberapa lomba unik dan kreatif yang dapat di gunakan untuk menyemarakkan kegiatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Ramadhan.

Kotak Joget
Peralatan yang dibutuhkan adalah kotak tissue, tali, perekat, enam buah bola pingpong atau bola plastik lainnya yang seukuran dengan lubang kotak tissue.
Cara bermainnya sangat mudah. Enam bola pingpong ini dimasukkan kedalam kotak tissue yang sudah diikatkan di pinggang peserta. Peserta yang dapat mengeluarkan enam bola dalam waktu satu menit dinyatakan sebagai pemenangnya. Aksi kocak peserta akan terlihat karena peserta akan berjoget-joget demi mengeluarkan enam buah bola pingpong.

Menara Galon
Alat yang dibutuhkan hanya empat buah galon kosong untuk masing-masing peserta. Lomba ini juga bisa dilombakan secara berkelompok.
Cara bermainnya adalah peserta harus menyusun keempat galon kosong sehingga berbentuk seperti menara. Kesulitannya adalah ketika harus menempatkan mulut galon dengan pantat galon. Siapa yang paling tinggi, paling cepat dan galonnya dapat membentuk menara dalam waktu satu menit dinyatakan sebagai pemenangnya.

Delivery Eggs
Peralatan yang dibutuhkan untuk masing-masing peserta adalah kardus bekas pizza atau kardus air mineral dan telur.
Cara bermainnya adalah mengibas-ngibas telur dari garis start hingga garis finish yang telah ditentukan. Permainan ini bisa juga dilakukan secara berkelompok misalnya telur estafet. Siapa yang paling cepat mencapai garis finish dinyatakan sebagai pemenangnya.

Kaleng Sumpit
Alat yang dibutuhkan adalah kaleng bekas minuman bersoda bisa diisi dengan air atau bahan lain yang beratnya sama dengan segelas air. Kemudian kaleng tersebut diberikan gagang buatan bisa dari kawat atau dari benang. Alat untuk mengangkat adalah satu batang sumpit.
Cara bermainnya harus dimainkan oleh dua orang. Tugasnya adalah memindahkan kaleng yang berisi air oleh dua orang dengan menggunakan satu bilah sumpit dengan menggunakan mulut. Salah satu orang harus memasukkan dulu sumpitnya ke sela gagang agar bisa mengangkat kaleng. Kemudian disisi lainnya peserta menggigit sumpitnya. Jadi sumpit di gigit oleh dua orang yang berbeda dari kedua sisi untuk mengangkat kaleng dari meja satu ke meja lainnya yang diberikan jarak tertentu. Kelompok yang paling banyak memindahkan kaleng dalam waktu satu menit dinyatakan sebagai pemenangnya.

Singa Laut Lapar
Alat yang dibutuhkan untuk tiap peserta adalah satu pasang sumpit dan empat kotak korek api beserta isinya.
Cara bermainnya peserta harus memindahkan kotak korek api dengan alat bantu sumpit tapi bukan menggunakan tangan melainkan menggunakan mulut. Pastikan sumpitnya adalah sumpit baru dan bukan sumpit bekas. Siapa yang dapat memindahkan kotak paling banyak atau paling cepat dalam waktu satu menit dinyatakan sebagai pemenangnya.

Jembatan Bertali
Alat yang dibutuhkan adalah jarum dengan ukuran berbeda mulai dari yang paling besar hingga paling kecil. Dan yang terakhir adalah benang.
Cara bermainnya sangat mudah yaitu memasukkan benang kedalam lubang jarum yang paling besar terlebih dahulu hingga jarum yang paling kecil. Siapa yang dapat menyelesaikan tugasnya paling cepat dalam waktu satu menit dinyatakan sebagai pemenangnya.
Pengantin Teh
Alat yang dibutuhkan adalah topi pet, selotip bolak balik dan dua kantung teh celup. Teh celup di tempelkan di kedua sisi moncong topi pet.
Cara bermainnya cukup menantang. Topi dikenakan oleh peserta kemudian tugas peserta adalah bagaimana menaruh dua kantung teh celup di bagian atas topi pet tanpa menggunakan tangan. Peserta hanya boleh menggerak-gerakkan atau menggoyang-goyang kepala. Siapa yang berhasil lebih cepat dalam waktu satu menit dinyatakan sebagai pemenangnya.

Itulah beberapa permainan unik, kreatif dan murah dalam rangka untuk menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Ramadhan. Semoga bisa bermanfaat untuk para panitia lomba yang sedang pusing memikirkan jenis lomba yang akan di selenggarakan.

Salam

Dzulfikar @gurubimbel

Http://gurubimbel.tumblr.com

*Disusun dari berbagai sumber

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Manajemen Mudik …

Farida Chandra | | 25 July 2014 | 14:25

Quo Vadis Jakarta Baru? …

Shendy Adam | | 25 July 2014 | 14:41

Sensasi Rafting di Kali Oyo Gunungkidul …

Tri Lokon | | 25 July 2014 | 15:27

Keras, Tegas dan Tajam Suara Politik di …

Hendrik Riyanto | | 25 July 2014 | 12:45

Ikuti Lomba Resensi Buku Tanoto Foundation! …

Kompasiana | | 11 July 2014 | 16:12


TRENDING ARTICLES

Dilema MK …

Akhmad Yunianto | 9 jam lalu

Kunjungan Clinton ke Aceh, Misi Kemanusiaan …

Rafli Hasan | 13 jam lalu

Demokrasi ala SBY Jadi Perhatian Pakar Dunia …

Solehuddin Dori | 14 jam lalu

Kebijakan Obama yang Bikin Ciut Nyali Orang …

Andi Firmansyah | 15 jam lalu

Mengapa Harus Jokowi yang Terpilih? …

Ryan Perdana | 16 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: