Back to Kompasiana
Artikel

Hobi

Zahra

wanita penyuka bunga, pecinta batik, .... ^_^

Pemanfaatan Kardus Bekas Kertas HVS Menjadi Box Serbaguna

REP | 25 May 2012 | 00:30 Dibaca: 5567   Komentar: 10   1

13378613432094978265

Kardus bekas kertas HVS yang telah disampul dengan pembungkus kado ( dok. pribadi)

Tadi pagi membaca Artikel Ardhisa ” Membuat lemari dari kardus bekas”,  jadi menginspirasi untuk menulis artikel ini.

http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2012/05/23/membuat-lemari-dari-kardus-bekas/

Saya juga suka memanfaatkan kardus bekas kertas HVS. Jika Ardhisa memanfaatkan kardus bekas kertas HVS untuk dijadikan lemari, kalau saya memanfaatkan kardus bekas kertas HVS untuk dijadikan box serbaguna. Fungsi dan kegunaannya hampir sama sih. Hanya beda cara bikinnya saja.

Pertama kali saya melihat kardus bekas kertas HVS yang disampul warna-warni dengan kertas pembungkus kado untuk dijadikan sebagai wadah menaruh barang-barang, saya lihat dari teman kost sewaktu kuliah dulu. Dan saya amati saat itu memang rata-rata beberapa teman memanfaatkan kardus bekas kertas HVS untuk dijadikan box serbaguna. Karena biasanya fasilitas ditempat kost mahasiswa yang standar hanya ada tempat tidur, meja belajar dan lemari pakaian. Sedangkan untuk rak atau tempat menyimpan barang-barang lainnya tentu harus modal sendiri. Nah karena faktor ngirit inilah, akhirnya jadilah kardus bekas dijadikan wadah untuk menaruh barang. Maklumlah waktu itu kebanyakan kami mahasiswa dari daerah yang pas-pasan uang bulanannya. Jadi yah kudu ngirit, bukannya pelit tapi hemat hihihi… nasib anak kost… #halah!!

Saya sendiri akhirnya ikut memanfaatkan kardus bekas kertas HVS ini untuk dijadikan box serbaguna. Hasilnya, ketika kardus sudah di sampul dengan pembungkus kado jadi terlihat menarik. Apalagi jika kita memilih kertas kadonya dengan warna dan gambar yang unik dan menarik. Tak kalah dengan box yang dijual di toko.

1337861583300467490

box serbaguna dengan kertas sampul motif batik (dok.pribadi)

Pemilihan menggunakan kardus bekas kertas HVS ini karena memang lebih kuat dan tebal dibanding kardus lainnya, dan kelebihan lainnya adalah kardus bekas kertas HVS ini ada penutupnya. Sehingga kalau kita jadikan wadah untuk menaruh barang maka akan terlihat rapi karena ada tutupnya.

Cara bikinnya cukup sederhana hanya dengan memberi sampul kertas pembungkus kado saja pada kardus bekas plus penutupnya tersebut. Hasilnya jadi terlihat rapi dan manis hehehe…. seperti melihat kotak kado yang berukuran besar.

13378616841235381888

Tampak seperti kotak kado yang besar (dok. Pribadi)

Jika kita tidak punya kardus bekas kertas HVS, bisa didapatkan di tempat foto copian, pasti banyak deh disana kardus kosong bekas kertas fotokopian. Kalau dulu sih sewaktu kuliah saya  dapat gratis dari tukang foto copy, maklum kenal sama abangnya hihihi…

Cara bikinnya mudah dan sederhana saja koq, gak pake ribet. Bahan dan alat yang kita perlukan adalah :
-    Kardus bekas kertas HVS
-    Gunting/ cutter
-    Selotip double tape
-    Kertas sampul pembungkus kado

13378620761590218464

alat dan bahan untuk membuat box serbaguna (dok.pribadi)

1337862221285778396

dok.pribadi

Terus gimana cara bikinnya? Hmm.. gampang kok. Pasti sebagian dari kita pernah membungkus kado kan??… nah tuh kardus bekas dan tutupnya tinggal disampul aja. Beres deh..!! sim salabim gak pake abracadabra jadilah kotak ajaib alias box serbaguna yang bisa diisi apa aja. Kalau dulu saya biasa buat naruh bahan foto kopian materi kuliah, buku, pernak-pernik, logistik makanan khas anak kost alias mie instan dan lain-lain.

Dan sampai sekarang pun saya masih memanfaatkan kardus bekas kertas HVS untuk dijadikan box serbaguna. Setidaknya memanfaatkan kardus bekas menjadi lebih berguna dan lebih bernilai estetis setelah diberi sampul terlihat jadi lebih menarik. Jadi buat yang ingin memanfaatkan kardus bekas kertas HVS, untuk wadah menaruh barang agar terlihat tampak rapi dan menarik. Silakan di coba, caranya cukup sederhana, hanya dengan melapisi kardus bekas dengan sampul kertas pembungkus kado saja. Semoga bermanfaat. ^_^

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Jakarta Community Tampil Semarak di Asean …

Tjiptadinata Effend... | | 02 September 2014 | 19:52

Modus Baru Curi Mobil: Bius Supir …

Ifani | | 02 September 2014 | 18:44

Beranikah Pemerintah Selanjutnya …

Dhita A | | 02 September 2014 | 19:16

Si Biru Sayang, Si Biru yang Malang …

Ikrom Zain | | 02 September 2014 | 21:31

Ikuti Blog Competition Sun Life dan Raih …

Kompasiana | | 30 August 2014 | 17:59


TRENDING ARTICLES

Mungkinkah Jokowi Bisa Seperti PM India …

Jimmy Haryanto | 7 jam lalu

Bebek Betutu Ubud Pak Mangku …

Febi Liana | 10 jam lalu

Presiden SBY dan Koalisi Merah Putih …

Uci Junaedi | 11 jam lalu

Ahok, Mr. Governor si “Pembelah …

Daniel H.t. | 12 jam lalu

Gunung Padang, Indonesia Kuno yang …

Aqila Muhammad | 14 jam lalu


HIGHLIGHT

Program ‘Haji Plus Plus’: Bisa …

Rumahkayu | 8 jam lalu

Sampai Kapan Hukum Indonesia Mengecewakan …

Giri Lumakto | 8 jam lalu

ISIS di Indonesia …

Irham Rajasa | 8 jam lalu

Sampai Kapan Polwan Dilarang Berjilbab? …

Salsabilla Hasna Mu... | 8 jam lalu

Subsidi BBM: Menkeu Harus Legowo Melepas …

Suheri Adi | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: