Back to Kompasiana
Artikel

Catatan

Ulul Rosyad

Menyukai hal yang berbau misteri dan tempat bersejarah. http//www.akarasa.com

Peringatan Diri dari Bahasa Tubuh

REP | 15 July 2013 | 10:28 Dibaca: 7939   Komentar: 3   1

Tubuh kita memiliki kekuatan supranatural yang bisa memberikan peringatan dini terhadap kita. Namun, banyak diatara kita tak bisa menterjemahkan bahasa tubuh sendiri. Hal ini, mungkin dikarenakan kita belum mengerti dengan bahasa tubuh, atau kita belum menyadari bahasa tubuh yang memberi peringatan terhadap diri kita, dan kita baru menyadari setelah peristiwa dari peringataan itu terjadi.

Sebagai contoh, jika telapak tangan sebelah kanan kita terasa gatal, menurut ahli firasat tubuh, dan juga yang tertuang dalam kitab primbon Betaljemur, hal ini pertanda kita akan menerima rejeki berupa uang. Benarkah? Bisa jadi hanya kebetulan belaka. Yang pasti kecenderungannya seperti itu. Dan untuk memahami bahasa tubuh yang lain, berikut ini saya sarikan denag terjemahan bebas dari ilmu titen orang jawa , yang tertuang dalam Kitab Primbon Betaljemur yang menjlentrehkan pertanda tersebut dari ujung rambut hingga kaki:

Ujung rambut pecah dan bercabang

Jika sobat seorang pria atau wanita, janganlah terlalu meikirkan si dia karena si dia belum tentu memikirkan Anda, karena si dia memiliki yang lain. Dan kalau kebetulan sobat blogkostutho adalah seorang pengusaha, hati-hatilah dengan pekerjaan yang anda tekuni itu, sebab akan mengalami hambatan yang besar.

Rambut rontok

Hal ini pertanda kalau kita sedang mengalami kesulitan besar, baik itu masalah rumah tangga maupun masalah pekerjaan yang anda hadapi, maka berhati-hatilah dengan pekerjaan yang sedang Anda hadapi ini sebab beresiko besar.

Kulit kepala gatal

Awas, Anda sedang menghadapi situasi yang tidak menguntungkan. Jika anda sedang berjualan, maka Anda akan mengalami kerugian besar. Atau jika Anda sedang menghadapi pekerjaan, maka pekerjaan yang anda kerjakan itu akan sia-sia tanpa hasil yang memuaskan.

Alis terasa gatal

Jika alis mata sebelah kiri yang etrasa gatal, hal ini pertanda ada yang menyenangi anda baik pekerjaan Anda maupun diri anda. Dan jika Anda perempuan yang belum punya pacar, pertanda akan ada yang naksir, namun orang yang naksir Anda itu takut mengutarakannya, karena Anda terlalu cuek. Kalau alis kanan yang terasa gatal, pujian terhadap Anda akan segera terlontar dari rekan atau atasan Anda terhadap diri dan pekerjaan Anda.

Mata sering berkedip (keduten, Jawa)

Jika mata sebelah kiri, berarti kekasih merindukan Anda. Kalau anda seorang wiraswastawan, mitra kerja Anda sangat membutuhkan anda. Kalau yang keduten sebelah kanan, berarti Anda sangat merindukan kekasih. Jika Anda seorang pengusaha, hati-hati dengan usaha Anda, karena ada orang lain yang menginginkan usaha anda itu.

Kuping berdengung

Kalau kuping sebelah kiri, berarti ada teman anda yang sirik terhadap hasil kerja anda dan anda menjadi omongan. Namun kalau kuping sebelah kanan, berarti pekerjaan yang anda lakukan menadap perhatian yang baik dari teman dan atasan anda.

Bibir tergigit

Jika bibir bawah yang tergigit, berarti ada yang tidak senang dengan diri Anda. Dan Anda menjadi pembicaraan yang jelek, padahal pekerjaan yang Anda lakukan itu sudah baik dan tentunya harus diteruskan saja. Sebab nanti omongan yang mencela Anda itu akan berhenti dengan sendirinya. Namun jika bibir yang atas tergigit berarti ada yang merindukan Anda, dan tentunya Anda menjadi omongan yang baik.

Lidah tergigit

Jangan terlalu banyak mengomongkan orang lain, sebab akan menimpa Anda sendiri terutama mengomongkan kejelekan orang lain, sebab Anda sendiri akan kena batunya.

Leher terasa kaku

Pertanda pekerjaan yang Anda kerjakan itu tidak sesuai dengan Anda, atau hati-hatilah dengan pekerjaan Anda itu, sebab pekerjaan yang Anda lakukan itu berpotensi mendatangkan kerugian buat diri Anda. Karena pekerjaan iti tidak menghasilkan apa-apa.

Jantung berdebar-debar keras

Hati-hati dengan pekerjaan Anda itu karena beresiko besar, namun kalau pekerjaan yang Anda kerjakan ini berhasil maka akan mendatangkan yang luar biasa. Namun, jika Anda orang yang masih lajang, berarti ada perhatian serius dari si dia terhadap Anda.

Ulu hati terasa nyeri

Hati-hati terhadap relasi Anda karena dia akan mengintai kelemahan Anda.

Perut berbunyi

Secara umum tentunya Anda lapar, peingatan yang sering abai untuk semua orang yang sedang sibuk, perhatikan kesehatan dan waktu Anda bekerja.

Sikut terasa gatal

Kalau sikit sebelah kiri, hati-hati dengan teman akrab Anda. Dia ingin tahu segalanya terhadap pribadi Anda. Kalau sebelah kanan, hati-hati dengan rekan kerja, dia ingin menyingkirkan Anda.

Telapak tangan gatal

Kalau yang terasa gatal sebelah kiri, berarti akan ada pengeluaran yang besar terhadap keuangan Anda. Namun kalau sebelah kanan, berarti Anda akan mendapat rejeki yang banyak.

Telunjuk tangan bergetar

Jika telunjuk kanan, teruskan pekerjaan yang sudah Anda lakukan itu, karena pekerjaan itu akan mendatangkan uang yang banayak. Kalau sebelah kiri, hati-hati betul dengan pekerjaan Anda itu.

Telapak kaki semutan

Jangan teruskan pekerjaan Anda itu, umpama Anda seorang sopir, berhentilah sejenak, sebab kalau Anda berjalan terus bahaya kecelakaan akan menimpa Anda.

Sebenarnya masih banyak lagi isyarat-isyarat dari bahasa tubuh yang tertuang dalam Primbon, hanya secara umum saja seperti yang saya sarikan diatas untuk semenatara bisa saya sampaikan. Akhir kata dari penulis, semoga tulisan singkat dan padet ini menjadi penghibur disela-sela menjalankan ibadah puasa hari ini. matur nuwun

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Membuat KTP Baru, Bisa Jadi Dalam Sehari! …

Seneng | | 22 October 2014 | 10:00

Angka Melek Huruf, PR Pemimpin Baru …

Joko Ade Nursiyono | | 22 October 2014 | 08:31

[PALU] Kompasiana Nangkring Bareng BKKBN di …

Kompasiana | | 01 October 2014 | 15:12

Saksi Sejarah Bangsa …

Idos | | 22 October 2014 | 11:28

Ikuti Kompasiana-Bank Indonesia Blog …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 10:39


TRENDING ARTICLES

Calon Menteri yang Gagal Lolos …

Mafruhin | 4 jam lalu

3 Calon Menteri Jokowi Diduga Terlibat Kasus …

Rolas Jakson | 4 jam lalu

Suksesi Indonesia Bikin Iri Negeri Tetangga …

Solehuddin Dori | 4 jam lalu

Bocor, Surat Penolakan Calon Menteri …

Felix | 5 jam lalu

Fadli Zon dan Hak Prerogatif Presiden …

Phadli Hasyim Harah... | 5 jam lalu


HIGHLIGHT

Senang Sama Visi Poros Maritim Dunia …

Cdt888 | 8 jam lalu

Sinyal “Revolusi Mental” Skuad …

F Tanjung | 8 jam lalu

Tantangan Membuat Buku Mini Kumpulan Puisi …

Den Bhaghoese | 8 jam lalu

Bakmi Mama Lie Ling …

Benediktus Satrio R... | 8 jam lalu

Borneo Menulis …

Anton Surya | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: