Back to Kompasiana
Artikel

Catatan

Dewi Rosila

Tinggal, mengajar dan berkarya di Jakarta Selatan namun saat ini sdg berdomisili di Beijing

Belanja Murah di Cina? Ini Tipsnya

HL | 11 February 2013 | 12:02 Dibaca: 3199   Komentar: 7   0

Dewasa ini berwisata adalah kebutuhan bagi sebagian orang, terutama bagi Anda yang “ beruang”. Berwisata dapat menjadi salah satu hiburan, tentu juga akan menambah pengalaman baru.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Cina, belanja adalah salah satu agenda wisata yang wajib dilakukan. Bila tidak, maka penyesalanlah yang Anda akan rasakan setiba di rumah nanti.

Tempat-tempat wisata belanja yang biasa dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun asing adalah Yashow, Silk Market ,Wang Fujing, Hong Qiao, atau Panjia Yuan. Anda dapat memilih tempat wisata belanja tersebut sesuai dengan rencana dan budget yang tersedia.

Bila Anda ingin membeli souvenir dalam jumlah sedikit, maka Anda dapat berbelanja di Yashow atau Silk Market. Bila dalam jumlah banyak, tentu dengan harga yang lebih murah, apalagi bila waktu Anda agak luang, maka pilihlah Hong Qiao. Kalau Anda penasaran dengan sate kalajengking muda, teh hijau, topi pria dan wanita dengan berbagai model, juga sutera dengan harga pas maka datanglah ke Wang Fujing. Barang-barang antik akan Anda dapatkan di Panjia Yuan.

1360558289182028751

contoh souvenir

13605582051306435601

Pasar Barang Antik Panjia Yuan

13605581741745948506

Yashow Market

13605582471586875513

Sate Kalajengking,Wang Fujing.

Berikut ini Tips Berbelanja Cepat dan Murah di Cina

1. Cari tahu jenis barang yang dijual pada setiap lantai.

Misalnya di Yashow, lantai dasar ada tas, sepatu, topi, gesper, dan seterusnya.

2. Cari tahu perkiraan harga barang yang ingin dibeli. Anda bisa menanyakan pada tour guide atau teman yang sudah biasa belanja di tempat itu. Perkiraan harga barang sangat penting, kalau tidak maka kemungkinan Anda akan mendapat harga yang jauh lebih mahal dari harga asli. Jangan heran bila pedagang akan menawarkan harga barang mencapai 10 kali lipat harga asli. Contoh harga kaos Beijing 18- 20 Rmb, gantungan kunci 3-4 RMB, Magnet Tempelan Kulkas 2,5 – 3 RMB, Taplak Meja Tamu Khas Cina 20 – 30 RMB, dll.

3. Pelajari bahasa sapaan di Cina.

Kalimat sapaan bila bertemu seseorang adalah Ni Hao = Halo !

Duo Shao Qian? baca Tuo syao cien = Berapa harganya?

Wo yao mai zhege dongxi , baca wo yao mae ceke tungsi = saya mau membeli barang ini.

Kalau Anda tidak bisa sedikit pun bahasa setempat, bisa mencoba dengan berbahasa Inggris. Pedagang di Cina sudah banyak yang mahir berbahasa Inggris. Hanya kalau kita menawar terlalu murah, mereka akan berkata, “You are crazy atau You kill me”.

4. Gunakan Kalkulator.

Bila Anda tak dapat berbahasa setempat atau bahasa Inggris, ada alat yang dapat mempermudah komunikasi dalam menawar harga yakni pinjamlah kalkulator lalu tulislah harga yang Anda inginkan. Biasanya diperlukan juga bahasa tubuh misalnya dengan menggunakan jari tangan untuk menunjukkan jumlah barang yang ingin Anda beli.

5. Sampaikan jumlah barang yang ingin dibeli.

Biasanya, bila hanya membeli barang hanya satu buah, dibandingkan dengan membeli sepuluh buah misalnya, harganya akan berbeda. Maka sampaikan jumlah barang yang diinginkan lalu tawarlah sesuai harga yang dikehendaki. Semakin banyak yang akan Anda beli, harga semakin murah.

6. Jangan panik menghadapi pedagang yang berkata kasar.

Bila Anda menawar dengan harga sangat rendah, padahal harga itu pun masih di atas harga sebenarnya, jangan heran bila mendengar pedagang marah dengan mengeluarkan perkataan agak kasar dan dengan nada yang tinggi. Itu hanya trik pedagang agar Anda mengubah pendirian dengan menaikkan tawaran. Apalagi bila pedagangnya wanita, lebih dari satu orang pula. Tetaplah pada pendirian, kalau mau menaikkan harga tawaran jangan banyak. Misalnya Anda menawar harga awal 10 RMB, naikkan menjadi 12 atau 14 RMB.

7. Jangan Terlihat Sangat Menginginkan Barang .

Jangan sekali-kali Anda memperlihatkan keinginan yang berlebihan terhadap suatu barang yang sedang ditawar. Pedagang akan tahu dari tindak-tanduk Anda, misalnya bila Anda berulang-ulang memegang barang yang ditawar. Dengan begitu, pedagang tidak akan menurunkan tawarannya. Juga jangan bolak-balik kembali ke toko itu. Anda harus berpura-pura tak terlalu membutuhkannya dengan melewati beberapa toko bila tawaran Anda tak dipenuhi. Bila harga cocok maka pedagang akan memanggil Anda walau sudah jauh dari tokonya.

Itulah sekedar tips berbelanja di Cina, semoga Anda mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga super murah. Perlu saya informasikan, satu renmimbi/yuan setara dengan seribu lima ratus rupiah.

Selamat berbelanja.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Gandari: Menyibak Karakter dan Sikap …

Olive Bendon | | 18 December 2014 | 17:44

Meteorisme, Penyakit Hitler yang …

Gustaaf Kusno | | 18 December 2014 | 12:20

Hidayat Nur Wahid Tidak Paham Hukum …

Hendra Budiman | | 18 December 2014 | 12:50

Rangkuman Foto: Menyusuri Monumen Penting di …

Bisurjadi | | 18 December 2014 | 14:42

Ikuti Blog Competition ”Warna Warni Indah …

Kompasiana | | 24 November 2014 | 10:50


TRENDING ARTICLES

Seleb yang Satu Ini Sepertinya Belum Layak …

Adjat R. Sudradjat | 9 jam lalu

Konyolnya Dokumen Hoax Kementerian BUMN Ini …

Gatot Swandito | 10 jam lalu

Menyoal Boleh Tidaknya Ucapkan “Selamat …

Dihar Dakir | 11 jam lalu

Presiden Jokowi Mesti Kita Nasehati …

Thamrin Sonata | 13 jam lalu

Pilot Cantik, Menawan, dan Berhijab …

Axtea 99 | 17 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: