Back to Kompasiana
Artikel

Catatan

Ismerisa Elzahiera

Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta/ Gadis biasa yg tampiL apa adanya,,,Dengan hIDup yG selengkapnya

Manfaat Membaca Al-Qur’an Yuk Baca

OPINI | 14 November 2012 | 18:46 Dibaca: 5316   Komentar: 1   1

13528935261660803157

dokumentasi-dhzblog.com

Manfaat membaca AL-Qur’an

Ayo yang muslim angkat tangan….(kaya absen di kelas aza hehehe)… semakin maju tegnologi, semakin maju pula pemikiran manusia di dunia ini…. dan banyak sekali kesibukan yang bahkan dapat membuat kita sebagai seorang muslim melupakan kewajiban kita sendiri, salah satunya sholat, tadarus, dan lain-lainnya. Memang mengaji tidak lah wajib, tapi kita lihat sekarang sudah sangat jarang orang-orang yang mau mengamalkan ajaran sunah ini. ada baiknya untuk kita dapat mengkaji lebih dalam lagi apa ci keuntungan atau manfaat bagi orang yang gemar mengaji …..

Ini si awalnya saya terapkan pada diri saya sendiri dengan melawan sekeras mungkin dari rasa malas….hehehe tau kan kesibukan sebagai mahasiswa tingkat akhir yah lumayanlah, dan di tambah lagi dengan kesibukan yang sengaja di buat-buat sampe –sampe waktu yang disisihkan untuk berkomunikasi dengan Sang Kholik sangatlah sempit. (malah curcol hahahaa)…

Lanjut cerita, saya mau berbagi manfaat membaca Al-Qur’an agar yang tau menjadi tau, yang lupa menjadi ingat dan yang sudah tau menjadi lebih tau lagi hehehee…. bukan maksud menggurui, yah saya juga orang awam dalam beragama, apalagi mama saya seorang mualaf, dari beliau saya banyak belajar bagaimana menjadi seorang muslimah yang sejati, walaupun pada kenyataannya saya masih sangat kurang sekali dalam hal agama….

Sedikit cerita tentang mama, mamaQ seorang wanita keturunan tionghowa (cina) yang lahir di salah satu kota kalimantan barat. Mama memeluk islam saat menikah dengan ayah. Keluarga kami memang tidak terlalu agamis, tapi walaupun begitu, saya banyak belajar dari mama, yang tidak pernah meninggalkan sholat 5 waktu dan sholat malamnya. Selalu mengaji dengan menggunakan pulpen dan al-Qur’an paketan yang bisa mengaji otomatis dengan hanya menunjukkan pulpen ke lembar Al-Qur’an (tidak bermaksud promosi yah). Dan memang mama belum terllau bisa mengaji. Tapi semangatnya yang membuatQ kagum. Tidak pernah merasa puas dengan ilmu agama. Karna mama yang selalu mengingatkanQ agar tidak lupa mengaji saat setelah sholat 5 waktu, aQ pun merasa harus berbagi faidah dari amalan yang baik ini…. yuk Qita lanjut ke manfaat mengaji:

1. Dapat menentramkan hati

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram.”
(QS. Ar Ra’d/13: 28)

2. Dapat menyembuhkan penyakit

“Hendaklah kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Alqur’an”(HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud)

3. Pembaca al-Qur’an dikurniakan hatinya dengan cahaya oleh Allah Subhanahu wa Ta‘ala dan dipeliharaNya dari kegelapan. Diriwayatkan daripada Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu yang maksudnya :

“Bahawa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesiapa yang mendengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta‘ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Sesiapa yang membacanya pula, baginya cahaya di hari qiamat.”

4. Pembaca al-Qur’an memperolehi kemuliaan dan diberi rahmat kepada ibu bapaknya. Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang maksudnya :

“Sesiapa yang membaca al-Qur’an dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibubapanya mahkota di hari qiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik daripada cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah yang demikian itu matahari berada di rumah kamu (dipenuhi dengan sinarannya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (al-Qur’an).”(Hadis riwayat Abu Daud)

5. Pembaca al-Qur’an memperolehi kedudukan yang tinggi dalam syurga. Bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang maksudnya :

Dikatakan kepada pembaca al-Qur’an: “Bacalah(al-Qur’an), naiklah (pada darjat-darjat syurga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan darjatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (Hadis riwayat Ahmad)

6. Membaca satu huruf Al Qur’an akan memperoleh sepuluh kebaikan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

7. Orang yang membaca Al Qur’an secara terang-terangan seperti bersedekah secara terang-terangan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Orang yang membaca Al Qur’an terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, dan orang yang membaca Al Qur’an secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i, lihat Shahihul Jaami’: 3105)

Sebenarnya masih banyak lagi faidah membaca Al-Qur’an. Semog adengan membaca tulisan ini, teman-teamn bisa mulai lebih giat membaca dan menadalami AL-Qur’an… ^_^

 
 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Pemangsa Anak-anak Sasar Sekolah-sekolah …

Jonas Suroso | | 24 April 2014 | 01:14

Di Balik Cerita Jam Tangan Panglima …

Zulfikar Akbar | | 24 April 2014 | 01:13

Bapak-Ibu Guru, Ini Lho Tips Menangkap …

Giri Lumakto | | 24 April 2014 | 11:25

Pedagang Racun Tikus Keiling yang Nyentrik …

Gustaaf Kusno | | 24 April 2014 | 10:04

Kompasiana Menjadi Sorotan Pers Dunia …

Nurul | | 22 April 2014 | 19:06


TRENDING ARTICLES

Nasib Capres ARB (Ical Bakrie) dan Prabowo …

Mania Telo | 7 jam lalu

Provokasi Murahan Negara Tetangga …

Tirta Ramanda | 7 jam lalu

Aceng Fikri Anggota DPD 2014 - 2019 Utusan …

Hendi Setiawan | 8 jam lalu

Prabowo Beberkan Peristiwa 1998 …

Alex Palit | 12 jam lalu

Hapus Bahasa Indonesia, JIS Benar-benar …

Sahroha Lumbanraja | 14 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: