Back to Kompasiana
Artikel

Catatan

Sandro Wangak

menulis bukan sekedar

Telkomsel Jawara Pulau Dewata

REP | 30 January 2012 | 08:36 Dibaca: 270   Komentar: 2   0

Tahun 2012, Telkomsel menjadi jawara dalam penilaian terbaik di Pulau Dewata. Satu lagi penghargaan disabet Telkomsel yakni meraih pengakuan sebagai “Best Champion” untuk kategori operator selular GSM dalam ajang Bali Service Excellence Award (BSEA) 2012 yang diselenggarakan lembaga riset pemasaran Markplus Insight akhir pekan lalu di The Patra Bali Resort & Villas, Kuta, Bali.
BSEA merupakan ajang penghargaan bagi perusahaan dan merek lokal dari 11 kategori industri dengan pelayanan pelanggan terbaik di Bali. Penilaian BSEA 2012 ini didasarkan pada survei yang dilakukan oleh Markplus Insight terhadap 1.000 responden di Bali pada bulan November hingga Desember 2011. Responden dalam survei tersebut merupakan pengambil keputusan pembelian untuk produk dan jasa tertentu dari strata sosial ekonomi A, B, dan C berusia 21 hingga 55 tahun yang dibagi secara proporsional.
Survei tersebut mengukur dimensi pelayanan terhadap pelanggan yang meliputi tiga touch point, yaitu pelayanan pada saat sebelum membeli (pre-purchase), pelayanan pada saat membeli (purchase), dan pelayanan setelah melakukan pembelian (post-purchase). Pre-purchase berkaitan dengan informasi mengenai produk atau jasa, seperti: program komunikasi massal, informasi harga, dan word of mouth. Purchase berkaitan dengan harga dan pelayanan perusahaan kepada pelanggan selama berinteraksi pada waktu proses, baik secara fisik maupun non fisik. Sementara post-purchase berkaitan dengan kualitas produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan, manfaat emosional dari merek, dan penanganan komplain.
Berdasarkan survei tersebut, Telkomsel berhasil memperoleh nilai tertinggi pelayanan pelanggan untuk kategori operator selular GSM dengan indeks 75,43, diikuti XL Axiata (74,22) dan Indosat (73,73). Telkomsel juga meraih penghargaan BSEA 2012 untuk kategori penyedia internet melalui layanan TELKOMSELFlash.

1327912495302844861

.telkomsel mendapat penghargaan di ajang BSEA

GM Sales & Customer Service Telkomsel Regional Bali Nusra Syaiful Bachri mengatakan, “Pengakuan sebagai yang terbaik di Bali ini menunjukkan raport pelayanan kami, yang diraih melalui sebuah proses berkelanjutan dalam upaya menghadirkan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Penghargaan ini sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk terus meningkatkan mutu pelayanan, seiring tingginya kepercayaan pengguna produk dan layanan Telkomsel di Bali.”
Sementara itu, Founder & President of Markplus Inc. Hermawan Kertajaya mengungkapkan, “BSEA 2012 kami selenggarakan dalam upaya untuk mendukung aktivitas pemasaran perusahaan dan merek lokal agar bisa menjadi inspirasi yang dapat mempercepat kemajuan ekonomi di Bali. Kami berharap penghargaan ini bisa memberikan feedback kepada para local champion agar aktivitas pemasaran yang dilakukan perusahaan dan merek lokal tersebut bisa berjalan efektif dalam jangka waktu yang lama.”
Penghargaan BSEA 2012 bagi Telkomsel ini melengkapi pengakuan sebagai operator seluler dengan pelayanan pelanggan terbaik di Bali. Akhir tahun 2011 lalu, Telkomsel berhasil menjadi yang terbaik untuk kategori layanan publik operator GSM & CDMA dalam ajang “Bali International Customer Satisfaction Award 2011” yang diselenggarakan lembaga Bali Convex Nusa Dua dan Swadeshi Bali Foundation.
Saat ini pelanggan Telkomsel di Bali dilayani dua kantor pelayanan GraPARI, yakni GraPARI Denpasar di Jalan Diponegoro dan GraPARI Mall Bali Galeria di Kuta. Pelayanan pelanggan juga dapat diperoleh di sembilan GraPARI Kios yang tersebar di Bali, yakni di Legian, Gianyar, Karang Asem, Gatsu, Tabanan, Nusa Dua, Singaraja, Negara, dan Mengwi.
Telkomsel menyediakan akses layanan call center 24 jam sepanjang hari secara gratis dengan akses 111 untuk pelanggan kartuHALO dan 155 untuk simPATI dan Kartu As, serta 128 khusus pelanggan korporat. Tersedia pula akses ke nomor lain, yakni 08071811811.
Pelanggan juga dilayani melalui akses website www.telkomsel.com/web/telkomselwebcare, email ke cs@telkomsel.co.id, atau SMS ke 111 langsung dari kartuHALO dan 116 untuk simPATI dan Kartu As. Contoh: untuk mengetahui alamat GraPARI di kota pelanggan, cukup kirim SMS dengan mengetik grapari#, lalu kirim ke 111 atau 116.
Telkomsel juga menghadirkan layanan Self Care yang merupakan inovasi layanan untuk memudahkan pelanggan dalam memperoleh informasi sekaligus mengaktifkan fitur layanan favorit secara mandiri, tanpa bantuan petugas pelayanan Telkomsel. Layanan Self Care dapat diakses secara gratis dengan menghubungi *111# (pelanggan kartuHALO) atau *116# (pelanggan simPATI dan Kartu As). PROFICIAT UNTUK TELKOMSEL.—

dps.30januari2012

(sandro)

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Ada “Tangan” Anjing Diborgol di Pasar …

Eddy Mesakh | | 18 December 2014 | 21:39

Konyolnya Dokumen Hoax Kementerian BUMN Ini …

Gatot Swandito | | 18 December 2014 | 09:24

Suka Duka Kerja di Pakistan …

Gaganawati | | 18 December 2014 | 23:19

Warga Hollandia Antusias Menyambut …

Veronika Nainggolan | | 18 December 2014 | 20:40

[UPDATE] Nangkring Parenting bersama Mentari …

Kompasiana | | 10 December 2014 | 17:59



Subscribe and Follow Kompasiana: